K.B.S.M

Kretekin tangan yang sampe kaku karena lama gak posting di blog lagi ^_^. Hutang pribadi yang entah kapan akan terbayar lunas, tapi bismillah, memang kudu ‘dipaksa’ biar bisa mempertanggungjawabkan yang sudah diikrarkan.

Ini hutang cerita lebaran… huaaa… dah lama banget ternyata. Kali jni mau cerita tentang perkumpulan keluarga besarku dari pihak Papa. KBSM ini singkatan dari Keluarga Besar Slamet Martodihardjo, bapaknya papaku. Yang mendasari berdirinya KBSM ini adalah mulai sepuhnya putra-putri eyang Slamet.. Eyang punya putra-putri yang hidup sebanyak 9 orang, 3 laki-laki dan 6 perempuan. Dari 9 orang ini yang masih ada di desa ada 4 bulik. Keempat bulik ini wajib dikunjungi ketika aku pulang dari Yogya dan terutama pas lebaran. Eyang kakung sedo sekitar tahun 2002, sedang eyang putri sedo tahun 2005. Jadi dari 4 anakku cuma Dzaky yang sempat ketemu eyang buyut putri, dan gak ada yang ketemu eyang buyut kakung. Ketika mereka meninggal, belum ada pemikiran buat ngadain perkumpulan ini, toh masih ada bude dan papaku yang jadi pengganti eyang. Papaku ini anak ke-2, dan beneran jadi pengganti eyang kakung karena dulu uti sangat bergantung apa-apa sama papa.

Rasa kosong itu muncul ketika papa sedo di tahun 2008, dan bude sudah mulai memburuk kesehatannya, sehingga kemudian ada pembicaraan bahwa harus ada pemersatu agar keluarga eyang tidak terpecah-belah sampai gak kenal siapa saudara, mana ponakan, mana cucu. Lalu ada ide agar kita mengusahakan ketemu pas hari lebaran, dan buat mengantisipasi saudara yang dari luar kota, maka dibuat pertemuan itu di hari ke-3 lebaran. Lebaran tahun 1435 H ini adalah pertemuan kita ke-3, dan tempatnya masih di rumah eyang Slamet yang sekarang ditempati bulik no 8.

Keluarga besar eyang ini memang beneran besar, dari 9 putra-putri eyang, ada 32 cucu, dan sampai postingan ini dibuat, sudah memiliki 37 buyut. Di pertemuan pertama dan kedua masih ada Oom Woto, sedangkan pada pertemuan ketiga kemarin, Oom Woto pun sudah sedo… jadi rasanya makin nyesek deh, mengingat bahwa putra eyang yang laki-laki ternyata lebih disayang Allah. Di hampir setiap pertemuan pasti ada rasa terharu mengingat mereka yang sudah tiada… acar selalu diawali dengan doa bersama, mendoakan anggota keluarga besar eyang yang sudah mendahului kita. Tidak lupa pasti kudu foto-foto.. update jumlah anggota juga.

Foto Lebaran 1

Serunya yang namanya ketemu keluarga kan… adaaa aja obrolan, gak ada habis-habisnya, sampe kadang anak dan suamiku protes karena ibu keasyikan ngobrol ^_^. Ya maaf, habis ibu kan jarang lagi ketemu saudara yang dulu sehari-hari jadi teman bermain waktu masih SD dulu. Ya hampir sama lah dengan reuni sama teman-teman sekolah, bikin lupa umur kan?? Lupa juga dah berbuntut banyak ^_^. Seneng tapi juga sedih… bude-bulik sudah pada sepuh, sudah mulai banyak nikmat yang diambil Allah dari mereka. Ya biarpun di satu sisi sadar kalo kita pasti bertambah usia, tapi kok ya ada rasa gak rela lihat mereka semakin sepuh… pengennya mereka muda terus, maunyaaa…

Mudah-mudahan pertemuan ini akan berlangsung terus, bisa dipertahankan dan bisa makin ditingkatkan kualitas pertemuannya. Cita-citaku si pengennya digilir ke rumah siapa-siapa yang bukan di Temanggung, gentian, di Yogya, Jakarta, Tasik,… jadi kan seru liburan keluarga besar.. sewa bis ^_^

Mudah-mudahan pertemuan ini akan berlangsung terus, bisa dipertahankan dan bisa makin ditingkatkan kualitas pertemuannya. Cita-citaku si pengennya digilir ke rumah siapa-siapa yang bukan di Temanggung, gentian, di Yogya, Jakarta, Tasik,… jadi kan seru liburan keluarga besar.. sewa bis ^_^

Iklan

6 thoughts on “K.B.S.M

    • Huggssss mb Vonny… iya benerrr… banyak senengnya mbak.
      Mbak Vonny pa kabar?? Baca postingan tentang kesibukan mb Vonny bikin saya ikut ngos-ngosan.. semoga bermanfaat semua kesibukannya mbak… tetap semangatttt!!!

    • Iya mb… rame polll, seruu, asyiiikkk, karena kesempatan ketemu semua ya memang di hari raya aja. Kalo dari pihak ibu, sejak gak ada eyang juga agak susah, tapi minimal di pihak ibu dan adik-adiknya selalu mengusahakan ketemu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s