Seminggu bersama ODOJ Program

Image

Bagi yang belum tahu program ODOJ… ini adalah program yang mewadahi teman-teman yang pengen konsisten selalu dekat dengan Qur’an. Ada yang memang sudah rajin tiap hari tilawahnya bagus, ada yang masih kadang iya kadang nggak.. atau bahkan mungkin ada yang kayak saya yang kebanyakan alasan kalo disuruh tilawah rutin??

Dari kapan hari sih saya sudah dengar gaungnya, sudah disms teman juga buat gabung… tapi semua kuanggap angin lalu… halah… bukan karena gak pengen tapi karena GAK PEDE… ditambah pas baca postingan mbak Titi yang ini… wah ketidakpedean itu tambah tinggi.

Tapi berawal dari balasan komenku di postingan mb Titi itu yang kemudian membuat beliau mendaftarkan nomer WA-ku ke admin ODOJ. Hiyaaahhh… dag-dig-dug-der deh pokoknya pas tahu nomerku dah didaftarkan… tambah deg-degan pas sudah mulai keliatan masuk grup gitu… ada rasa pengen keluar dari grup karena takut ntar malah membebani teman-teman, tapi di sisi lain pengen juga mencoba bisa gak si sebenarnya baca Quran sehari satu juz.

Masa penantian berasa sangat panjang. Ya karena harap-harap tapi cemas-takut gitu… sehari belum full, hari kedua belum full juga.. baru di hari ketiga sekitar jam 9 malam baru full 30 orang + 1 admin….. dan resmi per 12 Desember kita mulai. Aturan mainnya… jadi kan kita ber-30 dan punya tugas per orang 1 juz, yang menentukan urutan baca admin. Kita sepakat, hitungan 24 jam dimulai ba’da maghrib dan selesai maghrib hari berikutnya.. tapi misal belum kelar ada perpanjangan waktu. Karena satu grup 30 orang jadi satu hari khatam kan itungannya?? Kemudian muncul beberapa pertanyaan… kalo ada yang haid bagaimana? Kalo ada yang tidak menyelesaikan target satu juz bagaimana? Jadi, ini sepemahamanku ya… cmiiw.. fungsi ada grup ini adalah untuk saling membantu menguatkan dan menyemangati yang lain.. bahu-membahu lah istilahnya. Jadi ketika ada yang haid, dia harus lapor dan jatahnya dilelang. Lelang di sini ya siapa yang sanggup baca 2 juz boleh ambil jatah teman yang sedang haid. Hal itu berlaku juga buat yang tidak bisa menyelesaikan tugas karena satu dan lain hal, maka jatahnya dilelang ke teman-teman grup.

Terus pengalamanku gimana setelah seminggu ini??

Alhamdulillah AKU BISAAA!!!… subhanallah… malah kaget sendiri, karena ternyata Allah kasih kemudahan buatku bisa menyelesaikan 1 juz–ku. Jadi aku ‘paksakan’ tiap habis subuh baca minimal 2 lembar.. kemudian sampai kantor, mumpung masih sepi, aku kejar sisanya. Nha, ujian sesungguhnya kan muncul pas sabtu-ahad… seperti kata baginda ratu… kalo weekend itu malah riweuh urusannya… aku paksakan pagi hari paling tidak 4 lembar, dan aku paksa juga kelar habis duhur… done di dua hari sabtu-ahad kemarin, Alhamdulillah.

Terus apa kabar di grupku?? alhamdulillah hari-hari pertama lancar… maksimal jam 9 malam semua sudah menyelesaikan tugas… bagi yang haid, langsung lapor dan jatahnya dilelang, dan hebatnya langsung ada yang ambil, subhanallah. Hectic itu aku pikir ada di hari ke 4 ketika di injury time tiba-tiba ada yang ‘menyerah’ karena sakit kalo gak salah dan sudah tidak sanggup lanjut… thanks to technology… akhirnya ‘jatahnya’ dibagi lima orang dan bisa selesai dalam waktu singkat.. Alhamdulillah, eh tapi ternyata di hari ke-5 lebih heboh lagi, jadi ada beberapa teman yang tidak online hari itu, gak ada kabar juga, sehingga sampai jam 10 malam kita masih kurang 2 juz, dan yang  masih online hanya tinggal ber3.. itupun yang satu ibu admin, aku, dan ada teman satu lagi yang sebelumnya sudah ikut lelang. Karena kita tidak bisa maju ke tahap sebelumnya kalo belum khatam, akhirnya kita bertiga berusaha menyelesaikan, dan di akhir waktu, salah satu yang hari ini ‘sempat menyerah’ akhirnya bersedia membantu.. Alhamdulillah kelar di sekitar jam 23.30…

Kalo ambil lelang resmi satu juz memang aku belum pernah, belum  berani… sementara aku pengen berusaha konsisten dengan satu juz/hari ini dulu. Dan keuntungan yang aku rasakan banyaaaakkkkk dengan ikut grup ini… yang jelas ada semangat lebih buat tilawah dong.. dan ternyata, waktu luang kita itu lebih banyak dari yang kita duga sebelumnya. Tadinya aku merasa kalo waktu 24 jam kurang, tapi setelah ikut ODOJ ini… tetiba ada aja waktu luang dan bisa dong kita pake buat tilawah.

Kemudian yang jelas kan nambah teman ya… gak jauh beda sama punya teman, saudara, atau sahabat baru via blog.. di grup ini, aku juga jadi punya saudara dan sahabat baru… jelas aja, dari 31 orang, aku gak kenal satupun… dan kita bisa akrab karena disatukan oleh satu tujuan…

Jadi, buat teman-teman yang belum ikutan… ayo gabung yukkk… atau mau tahu info lebih jauh bisa kok klik di onedayonejuz.org. Yuk berFASTABIQUL KHAIRAT… kalo dibilang dengan tilawah, kita bisa membangunkan rumah buat orang tua kita di surga… apa salahnya kan?? Cuma perlu meluangkan waktu maksimallll 1 jam buat baca satu juz ini.. itupun bisa dicicil di 5 kali salat kita… gak susah kok ^_^

Iklan

8 thoughts on “Seminggu bersama ODOJ Program

    • Iya mbak… ternyata ada aja kok waktu luang kita itu, hanya mungkin kurang mencermati
      Dan kalo kerja kelompok gini kan rasanya ikut bertanggung jawab kudu menyelesaikan target, beda kalo sendiri.. gak ada yang ngoyak-oyak ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s