Homemade Mi Ayam Bakso dan Roti Manis

Dah lumayan lama gak posting resep favorit keluarga ternyata ya?? Kali ini pengen nulis yang minggu kemarin baru aku bikin, mi ayam bakso, dan percobaan satu resep baru… roti manis.

1.       Mi Ayam Bakso

Mi ayam ini kalo pas masak bisa bikin mak satu ini kegeeran banget, karena selalu menuai pujian dari anak-anak, hihihihi. Dan selalu Dzaky-Rafi itu makannya nggilani banyaknya… alhamdulillah kan??

Dulu diajarin mamaku, antara ayam sama kuah dibuat terpisah, dan yesss… lebih ribet kan?? Nha pas di Fukuoka dulu, temenku kasih tips lebih mudah.. biar gak ribet-ribet banget… harap maklum, ini orang banyak maunya tapi gak mau ribetnya ^_^

Jadi begini resepnya:

Bahan:

1 dada ayam utuh, ambil dagingnya, potong-potong dadu sesuai selera… tulang ikutan dipotong aja

daun bawang (kemarin aku beli Rp. 1000) dirajang halus

bakso sesuai selera

3 bungkus Mi telor (lebih bagus kalo mi basah yang buat mi ayam itu… tapi mahal ^_^)

Sawi ijo

Bumbu:

5 siung Bawang putih

3 siung bawang merah

2 butir kemiri

Merica, daun salam, daun jeruk, serai, jahe secukupnya

Garam, gula jawa, kecap secukupnya

Air panas secukupnya

Cara bikinnya:

          Ulek merica dan duo bawang, kemiri, jahe sampai halus… tumis bersama daun-daunan tadi

          Masukkan ayam, aduk sampai tercampur bumbu rata, masukkan bakso, kasih air dikit, tunggu sampai ayam empuk

          Masukkan daun bawang, guyur dengan air panas, masukkan juga gula pasir dan kecap, tunggu sampai mendidih dan rasanya pas, matikan

          Sembari menunggu ayamnya matang, bisa sambil merebus mi, sayur dan bikin sambalnya. Kalo aku si cuma cabe rawit yang warna-warni + bawang putih direbus bentar, terus diulek

          Kalo sudah matang semua, sajikan dalam mangkok, enak disajikan panas-panas, ditambah pangsit lebih yummy ^_^

PS: rahasia kenapa pake air panas, ternyata biar si kaldu bisa keluar sempurna katanya… dan memang bener kok, ngaruh banget di rasa… dan jangan ragu nambahi kecapnya ya…

Image

Gambarnya minjam dari sini, karena selalu lupa mau motret… tapi mirip-miriplah sama yang aku bikin

2.       Roti Manis

Kalo yang ini rada maju-mundur  mau ditulis atau gak, secara kemarin tidak terlalu sukses bikinnya, tapi untuk rasa dah dapat kok. Resep ini dapatnya dari fermipan yang biasa aku beli, jadi di dalamnya kan ada resep donat dan roti manis gitu…

Jadi kira-kira resepnya begini, setelah kuvariasi sendiri juga:

1 kg gandum

2 sachet fermipan

3 sdm Susu kental manis

500 ml air

½ sdt baking soda

100 gr mentega

1 butir telur

Meses secukupnya (pas punyanya cuma ini)

Cara bikin:

          Aduk semua bahan sampai kalis (setengah jam lamanya kata resep), tutup dengan lap basah sekitar 15 menit, bentuk adonan sesuai selera (aku bikin isi coklat dan tanpa isi), letakkan di Loyang yang udah diolesi minyak, kasih jarak

          Tunggu sampai adonan mengembang 2x lipat, oven sekitar 15 menit, keluarkan, olesi mentega di atasnya

Image

itu atasnya aku olesi kuning telur.. tapi jadi keliatan gosong, terus mamaku bilang, kasih mentega aja pas dikeluarkan dari oven…

Keliatannya gampang ya?? Tapi kemarin bikinanku tidak terlalu mengembang, kata mamaku si, itu gara-gara kurang lama nguleninya dan kurang lama ngebiarin mengembangnya… oke, kapan-kapan dicoba lagi deh… ^_^

Iklan

35 thoughts on “Homemade Mi Ayam Bakso dan Roti Manis

  1. Hai mbak Ika .. apa kabar ? kangeeeeeeeeeeeen 😛 … maaf baru bisa berkunjung lagi ya mbak, baru pulang dari Asia tadi malam 🙂

    ini baru sowan ke sini lagi sudha disuguhi yg bikin ngiler ngiler nih mbak 🙂 … rajin sekali kamu mbak Ika 😛

    • Mbak ely ^_^… kangeeeeennn juga… asyiknya yang habis pergi… ada acara apa mbak??
      Hehehehe, feeling so good berarti ya mbak, tau mbak ely mau berkunjung, jadi kusiapkan makanan yang enak dan pas dimakan waktu dingin-dingin gini ^_^

      • mudik aja mbak ke Jawa

        iya nih, aku pernah ya mbak bikin mie ayam sendiri di sini, rempong jg saat itu soalnya br belajar masak, katanya yg bikin enak itu minyak ayamnya ya mbak ? 😛

      • Pasti koleksi foto mbak ely tambah banyak nih…
        hehehehe.. kalo saya gak suka pake resep rempong mbak.. eh gak bisa ding.. makanya carinya yang simpel-simpel aja.
        Iya katanya mbak.. makanya mungkin kudu diguyur pake air panas ya, biar keluar minyaknya

      • iya mbak, okeh bgt 😛

        katanya kulitnya ayam itu dibikin minyka mbak, rempong emang

        btw, mbak Ika gmn kbrnya nih, sehat sehat saja khan ? lama blom ada postingan baru mbak, kangen 🙂

      • Maaf baru balas mbak… iya ni mbak, baru ada kesibukan baru, jadi rada terbengkalai… tapi insyaAllah udah mau mula agak rajin lagi kok mbak…
        Maaf ya, lama juga tidak berkunjung ke mbak Ely

  2. ikaaa……. kirain mie sama basonya home made hahahaha…
    pas baca judulnya aku udah mbatin wah keren banget nih ika hahaha….
    jadi inget mie yg kubeli bareng mbak titi… masih nongkrong manis di kulkas, blm kuapa2in… hadeuh.. mudah2an masih bagus.
    klo aku biasanya bikin ayamnya itu sekaligus agak banyak ka, buat beberapa kali makan gituu… jd nanti pas mau makan tinggal rebus mie, caisim, dan baso, trus dibikin yamien2an 😀

    • Hihihihi, yang bakso homemade malah gak jadi ku posting mbak… bikin mi sendiri juga belum berani ni…
      itu juga lumayan kok mbak… kan aku kemarin bikinnya sesuai persediaan ayam yang di rumah… kalo pas niat emang mau bikin banyak, ntar ku simpan di kulkas, tiap butuh tinggal ambil… samalah sama mbak Tituk ^_^

      • dan aku bikin mienya itu lebih simple lagi.. (toss sesama gak mau ribet)
        cuma kecap manis, kecap asin, saus tiram, minyak bawang, aduk2 sama mie yg udah direbus. kasih bawang goreng, daun bawang, ayam dan baso. jadi deeeh… hihi lumayan instantlah 🙂

      • kata mertuaku minyak bawang itu caranya gini 😉
        bawang putih dicincang, ditumis sebentar sampe harum, trus simpen deh sama minyak2nya…. udah gitu doang 😀

  3. naaaah itu mau nanya, minyak bawang caranya gimana? selama ini orang di rumah cukup puas dikasih mie rebus yang pake bumbu duo bawang pleus kemiri doang. Ini beneran kayak yang dijuaaal yaaakh. Ka kalau roti aku pake resep Irra nya irrasistible, enak bgt pake bread improver, dan pake tepung biasa. Gandum dapetnya di manaaaaa? Macam macam sehat nampaknyooo

    • Hihihihi, kita tunggu mbak Tituk menjawab. Iya tuh, yang mbak Tituk masak kayaknya iya. kalo resepku, menurutku lebih seger, karena kuahnya banyak ^_^
      Hahahahaha… ini nulis resep campur bahasa jawa ma bahasa indonesia nih… itu tepung terigu biasa Ndang… kan bahasa jawanya gandum.. maaf
      Kasih link resep Irra dong… thanks.. (malah kasih kerjaan orang yang lagi dikejar deadline)

  4. Aku masih malaaas bikin roti… sampai sampai pernah dikasih bread improver tuh sama Mamak.
    Mie ayamnya kapan kapan ah … dicobain.

  5. buat mbak titi dan jeng fitri yang males nguleni adonan roti, gak se’mengerikan’ itu kok bikin roti… paling cuma 10 menit.. kasih aja ke pak suami kalo males hahaha…. ato anak2.. klo aku bagian ngulen2i ketika bikin pizza/roti/bakpao adalah aa youri 😀
    aku juga males lengket2nya ituuu… dan males ngeluarin tenaga hahaha..

  6. Mi ayam bakso adalah salah satu jajanan favorit saya. Biasanya beli, dan hampir nggak pernah bikin. Tapi mungkin sekali-kali boleh juga nih bikin sendiri. Barangkali bisa lebih enak daripada yg dijual di warung-warung, hehe….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s