Si Peanut is in the House

Nyambung cerita yang kemarin, yang pas ngomongin bacem koro…jadi kepikiran kalau sebenarnya di rumah itu, ketergantungan kita akan kacang ini sangat besar… makanya in iseng aja bikin list macam-macam kacang yang disukai di rumahku ^_^

1.       Kacang tanah

Ini salah satu kacang yang paling banyak varian dan paling disukai di rumah.. sebut aja kacang rebus, kacang kulit gar*d*, kacang telur, kacang atom, kacang bawang… atau juga yang udah dibikin makanan lain… isian kue ku misalnya (di desaku sana biasa pake kacang tanah yang dicampur gula jawa alih-alih diisi kacang ijo), bumbu pecel, enting-enting, gula kacang.. walah banyak banget yak?? Yang jelas, anak-anak hampir suka semua…

Paling sering kusediakan paling kacang rebus sama kacang atom.. kacang bawang paling suka kalo yang bikinan sendiri (bukan beli maksudnya), pernah beli tapi gak suka, rasanya aneh.. atau misal pengen goreng sendiri juga kita sukanya yang kacangnya rada kecil-kecil, bukan yang gede-gede dan  tanpa kulit itu.

2.       Kacang tholo

Ini apa ya bahasa Indonesianya… tapi di Yogya kayaknya seringnya ada di sayur pedesnya gudeg basah. Kalo di rumah yang paling suka kacang ini pak suami.. asal udah gak ada ide masak, bikin aja sambal goreng tholo kasih tahu atau brongkos tahu yang wajib juga pake tholo ini, dijamin pak suami akan makan dengan sangat lahap.

3.       Kacang ijo

Ini mah yang suka shita, vera, dan ibunya, hehehe…. eh, dzaky juga lumayan suka.. paling asyik direbus, kasih santan dan gula jawa, airnya yang banyak aja gitu… hmmm, syedap. Di bubur kacang ijo juga oke, tapi saya tidak terlalu suka

4.       Kedelai

Ini hampir tiap hari ada dalam bentuk tahu-tempe, ganti-ganti aja, tapi hampir tiap hari menghiasi meja makan kami. Mau digoreng biasa, dibacem, disayur…. anak-anak paling suka tempe garit.. hihihi gampil ya, kasih bawang garam aja, goreng, dah jadi. Kalo sayur, mereka paling banter makan tahu di kare sayur aja. Kalo dibacem lumayan mau makan

5.       Kacang merah

Ini  jenis kacang yang biasa ditanam di desaku nun jauh di atas gunung sana.. disebutnya koro kalau di  daerahku, yang banyak dipake buat sop atau juga campuran rendang , es kacang merah… dan masiiiihhh banyak lagi.

Jadi inget pas di Fukuoka dulu, dibeliin adikku makan berbentuk ikan (Taiyaki namanya) yang isinya anko, yang ternyata ya si kacang merah ini. Geli aja, di sana kan berasa makanan mewah gitu, padahal kalo di rumah, kalo pas musim panen gitu, kita bisa punya stock berkilo-kilo karena dikasih tetangga.

Dulu mah taunya masak kacang merah ini ya paling banter dibumbu brambang salam, atau disop… ini udah paling top deh… nha begitu mulai sekolah di Yogya, baru tahu ada yang namanya es kacang merah lah, baru tahu kalo kadang kacang merah ini menemani rendang, bahkan yang bikin nganga, karena liat di pasar, dijual udah dalam bentuk rebusan tinggal masak dan harganya hiyaaahhhh, mahal kali yak??? Ya please deh, di rumahku banyak begitu sampai gak pernah tahu harganya, liat di pasar yang cuma seplastik setengah kiloan aja harganya muahal. Jadi pengen jualan kacang merah, hehehehehe…

Teman-teman sukanya kacang apa ni??

Iklan

18 thoughts on “Si Peanut is in the House

  1. wah .. aku wes suwe ora maem kacang tholo mbak , nek kacang dele ndhisik kerep maem dicampur Karo parutan klopo 😛

    aku karo bojoku yo maniak kacang mbak, kerepe yo kacang lemah, kacang mandel, Walnut, Hazelnut, iku ning mburi omah ana wit te mbak, duwke tonggo mburi, nek ana angin ribut do grogok kacange, ora mung aku thok sing seneng kacang iki, ning bajing lucu yo tau tak potret lagi gayeng ning ndhwur wit e *edisi kangen Basa Jawa* :mrgreen:

      • sorry mbak, lali aku , kacang Mandel iku kacang almond, mbendina aku Mangan kacang iki, iki bara sarapan wes Mangan limang kacang Almond, terus ameh pit pitan hihihi … malah laporan 😛

        lucu mbak, tau tak pasang ning blogku ning aku lali hihihi, iseh ana kok mbak potone, 🙂 .. ning sekitar omehku kene iseh akeh kewn mbak, lucu lucu pokok ke, aku ameh pit pitan, mengko nek wes Bali ning omah maneh, kebag kameraku Karo poto poto kewan, jan wong ndeso tenan aku yo mbak hihihi … senenge moto kewan hahahhaha , ndhisik pas ije urip ning kampungku kana, aku yo seneng motone kewan mbak, pithik pithik ku hihihi, esuk esuk malah curhat ra nggenah Karo mbak Ika 😛

      • Waaahhh enak kui mbak.. aku yo seneng kacang almond, po meneh nek ono coklate… aku le doyan coklat nek ono almond-ne mbak
        mbak Ely mah jago motret, nek aku mung lagi iso ndelok foto mbak… ra pinter motret blas..
        malah seneng aku diajak ngobrol mbak… ning kono isih isuk yo mbak??

  2. aku kerep manggang roti tak kei taburan kacang almond Iris mbak, ning sing maem mung bojoku lan mamah , sing seneng coklat pancen bakalan seneng mbak nek ana isi kacange yo, aku gak seneng sing manis manis mbak 🙂

    nek jago ora mbak, motoku iseh asal asalan, sing penting gawe ati seneng mbak, ning kene saiki jam 9.17, jane jam semene biasane aku wes balik saka pit pitan mbak, iki mau pilates ndhisik dadi mundur jam pit pitane, pamit rumiyin nggih mbak, ajeng mancal sepeda 😛

    • Waaahhh.. yummi koyone kui mbak?? Aku le doyan coklat mung nek ono kacange mbak, nek ora ono isine kok males, eneg ngono rasane ^_^
      asal-asalan we apik mbak, hehhehehe
      oke, monggo sekecakaken menawi bade mancal sepeda rumiyin… salam sayang soko Yogya mbak ^_^

  3. Pete sama jengkol kok gak dibahas? hahaha….. bukankah mereka juga termasuk kacang-kacangan?
    Kacang merah favorit suamiku banget ituuu… disayur asem sm iga…

  4. dulu sukanya makan kacang yang digoreng ada tepungnya gitu lho..
    tapi lama2 udah gak terlalu suka makan kacang. sukanya kalo udah dijadiin bumbu kacang kayak buat makan gado2, ketoprak, atau sate. hahaha.

    • ooo, sama mbak.. kelupaan tu kemarin gak disebutin, soalnya jarang ada juga ^_^, cuma waktu-waktu tertentu adanya… itu kesukaan suami dan anak-anak. Ibunya, alhamdulillah gak suka

  5. Aku suka semua varian kacang, asal sudah empuuuk, hancur. Meski hancur kalau keras macam ting ting yo emoh.
    Eh tapi ada yang gak suka ding, selai kacang. Kok rasanya eneg yoo menurutku lhoo

  6. Berbicara tentang kacang merah ni,..pacar saya beli mpek2 plus es kacang merah masing 2 porsi, lantas es kacang merah lah yang duluan mampir ke meja kita.Karena porsinya es-nya lumayan kita lahap itu es kacang merah sampe kekenyangan, akhirnya 15 menitan mpek2nya baru dateng. setelah direview makan di warung tersebut kita cuman kenyang makan es kacang merah ga sebanding ma mpek2nya hahaahaha….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s