East Meet West

Sok-sokan banget bikin judul kayak gitu ya??? Ya cuma mau cerita aja kalo hari minggu kemarin masak bacem tapi juga bikin cheese cake, hihihihii. Jadi ceritanya minggu pagi kan jalan-jalan ke pasar sama anak-anak cewek, sebenarnya jalurnya juga pasti lewat situ, tapi kebetulan kemarin itu ada ibu penjual tempe nawarin tempe koro… buat yang belum tahu, tempe koro ini beda ma tempe dele biasa.. jadi dia pake kacang koro (ah sami mawon ini gak nerangin) yang lebih besar-besar teksturnya. Bagi yang sudah pernah makan jadah kaliurang biasanya tahu, soalnya jodohnya ya tempe koro ini. Si tempe koro ini agak susah nyarinya, juaaaraaang yang bikin, makanya pas ditawarin langsung triing… ide mbacem deh, BUNGKUSSS.

Eh pulang dari pasar, si sulung ngeluh kok ibu gak punya camilan, berhubung cuma punya bahan rotinya keju aja, aku tawarin cheese cake… mau bu, tapi nanti mau ikut  bantuin ya.. oke deh. Berhubung tempe belum terlalu jadi, katanya sore baru bisa, jadilah eksekusi dilakukan sore hari… cheese cake si dah dari siang habis arisan kampung , aku bikin satu resep… biasalah resep dari hasil contekan temen… dan seperti  biasa harus gampil dan sipnya lagi karena gak pake pengembang dan semacamnya.

Sementara di bacem, ini juga jenis masakan yang super gampang, karena cuma cemplung-cemplung, tinggalkan di atas kompor… masak buat makan malam ya cuma sambal goreng buncis kasih tahu coklat kecil-kecil gitu.. another resep gampil… (eh emang gak  bisa masak yang susah-susah ding, hihihii, terlalu malas saya)…

Ya sudah, masak sekali bisa buat 2 hari lah paling tidak untuk lauk dan rotinya, lumayan kan??

Image

bacemnya agak gosong dikit, tapi rasanya lumayan kok

Berikut resepnya, siapa tahu ada yang pengen nyontek… geer banget yak??

Cheese Cake

(katanya si dari NCC sumbernya, tapi aku tulis yang temenku kasih aja ya)

½ Resep: 100 gr gula pasir

                4 butir telur kuning

                3 butir putih telur, kocok sampai kaku

150 gr mentega/margarine

125 gr tepung terigu

100gr keju cheddar parut

Cara bikin:

·         kocok margarine + gula hingga putih, tambahkan telur kuningnya, kocok lagi sampai mengembang

·         masukkan keju, sisakan sedikit untuk taburan, kocok sebentar

·         masukkan tepung, aduk, lalu masukkan telur putih, aduk sampai rata

·         tuang ke Loyang, taburi  keju parut sisa… panggang sampai matang

Bacem

Bumbu dasarnya kalo saya bukan yang diulek-ulek, tapi cukup dirajang aja..

Bawang merah, gula jawa, garam, salam, laos, asem, air secukupnya

Udah, taruh bahan yang mau dimasak, mau tahu, tempe, ayam, atau salah satu saja.. yang jelas masukkan ke wadah yang cukup besar, masukkan bumbu, kasih air sampe semua bahan tercelup, pake api sedang, udah deh, tunggu sampai air habis.. jangan lupa diincipin lho…

Gampang banget yak?? Siapa bilang masak itu susah?? ^_^

Iklan

18 thoughts on “East Meet West

  1. aku belum pernah sukses bikin tahu tempe bacem, mbak. Suka penasaran deh sama baceman yang di tukang gudeg itu. Kadang kalo mau tanya resepnya, maluuuu…! Ntar jangan2 dijawab: ngapain bikin, Bu? udah, beli aja di saya… huahaha…
    Btw, itu resepnya (keliatan) gampiiilll banget ya? Oke lah, mari niatkan untuk dipraktekkan suatu hari nanti. Tuh, kaaannn? Niatnya aja udah ambigu, nggak jelas kapan mau dipraktekkin…! :mrgreen:

    • Hahahah, segitunya mikirin jawaban si tukang gudeg, hahahaha.. asli ngakak ni.
      Selain resep tadi, yang jelas air kudu agak banyak dan apinya sedang cenderung kecil, juga gula jawanya kudu berani, jangan hemat-hematlah, hehehe, insyaAllah jadi. Ayo dong coba, kan bisa disambi lain-lain tuh…

  2. Aku pernah bikin sekali telor bacem kok gak cucok hihihi tapi di rumah juga gak pada terlalu suka jadi surut usahaku memulai lagi. Masak itu gampang sih (uhuk) , ngulek , ngupas dan nyuci peralatannya yang malesssss *kode minta asisten kayak wita dan meri*

    • Aku paham dengan lidah Batak kalian… hihihi maaf.. bacem kan identik manis ya… susah lah untuk suka, kecuali manis itu kue, betul gak??
      Iyaaa, masak itu gampang, ngumpulin niatnya yang susah, hahahahaa

  3. Asyiiiikkk…. dapat resep cake keju yang mudah. Kayaknya musti beli pemisah kuningtelur dan putih telur niih
    Oooh… ternyata bumbu bacemku selama ini kurang asem, pantes rasanya lain. Trus gula merahnya juga aku hemat hehehe…

  4. aku nggak doyan keju piye mbak ? hihihi 🙂 …. doyannya kalau sdh melelh di atas Pizza aja .. ilat ndeso tenan aku mbak :mrgreen:
    jadi aku nyomot yg bacemnya sj ya 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s