Opor Ayam & Bubur Candil ala Icha

Memenuhi permintaan mbak Tituk dan mb Fitri kemarin… hehehehe, alasan aja buat nambah postingan, hari ini pengen nulis resep opor ayam.. kalo masih kurang panjang, ntar aku tambahin deh resep bikin bubur candil yang diminta mbak Titi

Tapi jangan protes ya, kalo aku masaknya  biasa pake cara koboi ya ^_^.

OPOR AYAM

Bahan:

1 kg ayam, potong sesuai selera

Telur rebus sesuai kebutuhan (biasanya aku sekitar 8 butir), kupas

Santan secukupnya (sekitar 150 ml kalo pake yang instan, tapi ditambah air lagi)

Bumbu yang dihaluskan:

5 siung bawang merah

7 siung bawang putih

½ sdt merica

½ sdt ketumbar

2-3 butir kemiri

2 cm kunyit yang sudah dibakar

Garam

Gula jawa

Daun salam, lengkuas, serai, daun jeruk secukupnya

Cara memasak:

          Masukkan minyak goreng sedikit, tumis bumbu halus + daun salam, lengkuas, serai daun jeruk

          Kalau sudah harum, masukkan ayam, aduk sampai rata, kasih air kira-kira sampai ayam kecelup semua (abaikan bahasa yang bagus ini), lalu masukkan telur, kecilkan api.. tunggu sampe ayam empuk, masukkan gula jawanya

          Kalo sudah meresap dan empuk, masukkan santan dan aduk-aduk biar gak pecah santannya (teorinya ni.. aku si biasanya tak sambi-sambi ngerjain yang lain, hehehe)..

          Dicobain lho ya… sesuaikan dengan selera anda

O ya, kalo mau lebih empuk ya pas kasih air agak banyak sebelum disantan, ini nanti efeknya juga ke telur yang bisa keras tapi kerasa bumbunya.. hmmm, nulis sambil jadi laper ni…

Image

mirip begini penampakan opornya

gambar di atas pinjam dari ini. Sajikan pake lontong enak juga, tambah kerupuk udang apalagi, hehehehe.

Terus bikin bubur 3 macam itu ya.. ini si resep dari ibu, maksudnya, ibu sukanya kalo bikin candil ya pasti disetkan sama bubur sumsum dan bubur delima ini. Dulu juga mikirnya ribet amat yak bikin sendiri, tapi semakin kesini, gak terlalu susah kok bikinnya, yang penting ada waktunya ^_^.

Bubur Candil

Bahan

500gr tepung ketan putih

¼ sdt Kapur sirih

Garam secukupnya

Air secukupnya

Gula jawa kurleb ¼ kg

Daun pandan, kalo punya ^_^

Cara bikin:

          Tepung ketan putih tadi dikasih air yang dah dikasih kapur sirih dan garam sekitar ½ sdm, kasih airnya jangan banyak-banyak dulu, campur sampai bisa dibentuk bulat-bulat sebesar kelereng.

          Masak air sekitar 1,5 liter (kalo kurang tambahin lagi ya ^_^), kasih gula jawanya tadi, didihkan, lalu masukkan bulatan-bulatan tadi, tunggu sampe mengapung, sisihkan

Bubur Sumsum

300 gr tepung beras putih

50 ml santan instan

Air secukupnya

Garam juga secukupnya

Bikinnya:

          Didihkan air sekitar 250ml, kasih santan + garam dikit, sementara itu, campur tepung beras, santan sisa, garam dan air secukupnya sampai rata.

          Masukkan adonan tadi ke air mendidih, aduk terus sampe semua tercampur, kalo dirasa kurang encer ya tambah air saja.. aduuukk terus sampai matang, sisihkan

Bubur Delima

Ini mah paling gampil… aku pake yang kemasan harga seribuan biasanya, pake 2 bungkus. Didihkan air sekitar 1 liter, masukkan delimanya, tunggu sampe warnanya berubah bening. Kalo dah bening semua, baru masukkan gula pasir secukupnya (cobain aja, hehehe)… jadi deh.

O iya, bikin kuah santan juga ya, buat kuah di atas bubur ini nanti… cuma rebus santan kental kasih garam+pandan doang kok

Cara menyajikannya lihat gambar aja, hihihihihi… gampang kan???

Image

kalo keluarga kecil mungkin tidak sebanding tenaga yang dikeluarkan sama waktu makannya, tapi kalo keluarga besar kayak saya waahhh, banyak hematnya ^_^

Iklan

16 thoughts on “Opor Ayam & Bubur Candil ala Icha

  1. wuaaa…. beneran bikin laperrr…. mo nyoba aahhh… tapi gak mau pake santan instan, enakan yang asli (ya iyyalaaah hihi….)
    aku klo bikin bubur males ni tiga2 gini… males nyuci2 pancinya yang dipake banyaak… kalo makannya sih gak males lah.. dengan senang hati pasti 😀

    • betul betul mbak, pake yang biasa aja… aku pake ukuran instan, biar ngebayanginnya lebih gampang, maklum aku ini tidak pintar mengira-ira.. Ayo coba mbak…
      Dibikin satu-satu juga hayuk aja kok, kecuali candilnya kaleee… hihiihihi

  2. Makasiiiiiih……resepnya tayang juga akhirnya.
    Eh, bikin opor ternyata gampang yaaa hahahaha…. masuk daftar aah…
    Trus candilnyaaaa uhuy… ternyata sama kayak yang dibuat ibuku. Makasiih ya… soalnya klo di bandung candilnya dari ubi jalar.
    Satu lagi delima itu si mutiara bukan yah ? Yang mentahnya merah putih kadang ada ijo ? *niat banget nanyanya kayak yang iya aja hahaha*

    • Sama-sama mbak Fit ^_^.. Ntar aku tunggu cerita opornya ya…
      Kalo aku gak pake mbak, gak tau kalo di resep yang asli, yang ini pun kayaknya banyak yang aku skip, kayak jinten misalnya… tapi dah oke kok rasanya menurutkuuu

  3. Setuju untuk masalah bubur candil.

    Karena keluarga kami cuma ber4, maka rugi banget kalo bela2in bikin. padahal makan nya gak seberapa. jadi kalo lagi pingin *yang belum tentu pingin 3 bulan sekali juga sih*, kami mending beli

    *ahh kebanyakan alasan aja, padahal de malas bikin sendiri hahahaha*

    • Hahahahaha, tapi bener kok mbak.. kalo warganya cuma dikit, semangatnya juga berkurang, karena berat di waktu dan cuci-cucinya… Kalo kayak saya kan anaknya banyak, bisa diberdayakan, hahahaha

      • wah … andai bisa maska bareng bakalan nggak habis habis ya mbak ngobrolnya hihihi 😛

        iya mbak, aku bikinnya yg gampang saja, tepung beras campur santan dimasak selesai, sdh dimakan begitu saja, kadang tak campuri santan lagi makannya, karena nggak suka kinca yg dr gula jawa itu 😛

        kalau bubur yg ada bulat bulatnya itu jarang bikin mbak, kayaknya ribet ya ?

      • Iya mbak, mudah-mudahan ada kesempatan ya mbak.. amien ^_^
        Candil itu emang kalo dibayangin ribet, tapi nggak juga kok mbak.. cuma ya syaratnya gak boleh pas ‘kesusu’.. ndak marakke kemrungsung, hihihihi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s