Percobaan di Akhir Pekan

Dari kapan hari penasaran pengen coba bikin yang namanya Bolu Kukus… Belum bisa pede aja, yang takut bantet, yang belum punya mixer, etc etc… Sampai beberapa waktu lalu liat resep di blog mamanya Dija.. kok kayaknya gampil.. bismillah mari kita coba.

bahannya:

500 gr Tepung terigu

400 ml Susu cair

375 gr gula pasir

4 butir telur

1sdm cake emulsifier

1 sdm vanila

pewarna makanan sesukanya

Cara bikinnya:

Siapkan kukusan, jangan lupa tutupnya dikasih lap biar air tidak menetes ke adonan bolu. semua bahan tadi kecuali pewarna makanan dimixer sampai halus dan berwarna putih, bagi menurut selera mau berapa warna. Kemarin karena cuma punya pewarna merah, jadi cuma saya bagi 2, merah dan putih

masukkan ke dalam cetakan bolu, kukus kurang lebih 20 menit… dan jadinyaaaa

Image

Lumayanlah buat pemula

Hari minggu kemarin emang edisinya agak iseng.. jadi kebetulan pagi belanja nemu yang jual singkong, beli 1 kg, jadi lalu aku rebus kasih bawang, garam, dan ketumbar yang sorenya digoreng buat teman minum teh.

Hari sabtunya adik ipar kasih aku nanas yang kecut banget, terus ibu kasih ide tuk dibuat selai nanas, ya sudah aku bikin sekalian

Image

penampakan selai nanas yang karena terlalu empuk, jadi susah diparut

Hari itu selain masak sambal goreng tahu-tolo, aku juga bikin makanan khas Temanggung, Nasi Jagung + sambal rambangan.. sayang gak sempet motonya….

Iklan

28 thoughts on “Percobaan di Akhir Pekan

  1. Wow udah baking baking. Lumayaan laah untuk percobaan pertama.

    “Ning nong ning gung iwak ayam..
    Sego jagung ora doyaaan….”

    Itu olokanku pas kecil. Padahal aku doyaaan lhooo sego jagung.
    Sambel rambangan iku opo to yoo… kok gak ada di memoriku.
    Sama satu lagi masakan yg selalu dibuatkan mbahku baik saat kami berkunjung atau saat beliau berkunjung adalah pelas gudhe. Masih adakah gudhe di sana ?

    • Hihihii, sungkem master masak dulu ni…
      sambal rambangan itu kelapa parut campur ikan asin (rambangan namanya), kasih kentang.. dibumbuin brambang, bawang, cabe ijo, dikukus
      gudhe masih ada, tapi aku lebih suka kalo dicampurkan di ketan itu lho mbak ^_^

  2. ini kalo kata Gaoqi kue es krim, karena bentuknya gitu. Aku pengeeen nyoba tapi maju mjundur terus mau beli cetakannya. Ih jadi tergodaaaa…. kebayang senengnya si cewek kicik liat kue es krim banyak begono. Akan dipertimbangkaaaan. Aku malah ngiler mbayangin singkong goreng nih.l Baru tau bumbunya pake ketumbar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s