Pis Kopyor yang ngehitz di Ramadhan ini

Kalo bulan puasa gini, aku kok selalu lebih bingung menyiapkan hidangan ya??  Yang jelas si, bingung karena waktu makan kan jadi berubah.. yang berarti  jadwal masak pun agak berubah.. tadinya aku kalo masak di pagi dan kadang paling malam juga… nha sekarang sebisa mungkin, waktu sahur itu tidak pakai masak a.k.a sudah kudu ada persediaan karena jaga-jaga tidak bisa bangun cepat.

Menyiasatinya ya biasanya aku dah siapkan bayam yang sudah dipotong, bikin stock tahu-tempe-ayam bacem, atau sudah membumbui ikan-ikan gitu, jadi tetiba sahur dan belum ada lauk, tinggal bikin aja sayur bening bayam + goreng telur dadar atau menggoreng lauk-lauk yang sudah distock sebelumnya. Ahh, yang tidak boleh lupa, kudu ada stock telur..

Selama Ramadhan ini, ada beberapa yang sekarang memang aku coba bikin sendiri… kalo 4-5 tahun lalu, yang namanya es buah itu selalu maunya beli.. semakin kesini, warga rumah semakin banyak.. maka aku jadinya beli itu buah-buahan kayak papaya, blewah, nangka, sawo… juga nata de coco… tinggal potong-potong buahnya, kasih sirup cocopandan, air es, aduk-aduk, jadi deh… kalo mau dijadiin sup buah ya tinggal tambahin susu kental manis aja…

Tahun ini ada terobosan baru, ciieeee bahasanya sok banget ^_^. Suami itu paling suka sama makanan yang namanya pis kopyor, jadi itu campuran roti tawar, kasih kelapa muda, nata de coco, dan nangka yang dikasih santan dan dikukus.. kalo aku belikan itu wiiihhh, bukanya lahap banget. Nah sempet beberapa waktu lalu kan aku coba tu bikin sendiri di rumah… cuma aku bikin lebih encer santannya biar segar.. waahhh anak-anak ternyata juga suka.. sukaaa banget malah, hihihihi

Nah, awal puasa kemarin, aku belikan suamiku pis kopyor ini, dan dia bilang, kok sekarang rasanya beda ya bu?? Kayak manisnya dah bukan gula gitu, manisss banget… emang si, Dzaky juga komentar hal yang sama. Aku bilang, ya besok coba ibu bikin po?? 2 hari kemudian aku coba bikin, tapi dengan cara malas… alih-alih dibungkus satu-satu pake daun pisang, ini aku masukkan jadi satu ke panci kecil, terus aku kukus… daaannnn… LEBIH ENAK kata anak-anak dan suamiku… Alhamdulillah ^_^, dan ini jadi hidangan buka puasa favorit di bulan ini, hihihihi.

Cara bikinnya gampang banget, aku biasa bikin untuk 10 mangkok, tapi ini cara koboi ya.. dulu pernah dapat resep ini dari bonus beli apa gitu…

Bahan:

100ml Santan cair

6 lembar roti tawar yang ada kulitnya

100 gr nangka, iris kecil-kecil

1 butir telur, kocok lepas

½ butir kelapa muda

500ml Air hangat

Garam secukupnya

Gula pasir secukupnya

 

Cara bikinnya:

Tuang air hangat ke panci, kasih garam, gula, dan santan cair, aduk rata. Masukkan kocokan telur, aduk lagi sampe rata, lalu masukkan nangka dan roti tawar yang dah dibagi 4.. tambahkan pandan kalo punya. Masukkan ke dalam kukusan sekitar 30 menit. Jadi deh, siap disantap.. lebih enak hangat menurutku.

Makanan lain yang juga baru pada suka akhir-akhir ini adalah macaroni schotel yang isinya minimalis, cuma aku kasih sosis ayam, dan yang kemarin aku contek dari Sondang, si bolu nutrisari.. Alhamdulillah di percobaan pertama sukses bikinnya, Alhamdulillah.

Iklan

26 thoughts on “Pis Kopyor yang ngehitz di Ramadhan ini

    • rasanya manis mbak.. mungkin mbak ely kurang suka ^_^.. tapi kalo bikin sendiri kan bisa diset tingkat manisnya ya mbak… ngebayanginnya kolak tapi isinya cuma roti tawar ma nangka mbak… dan gulanya pasir, bukan gula jawa

  1. iya pengen tau penampakannya Ka. MAcam puding roti kah? Soalnya dikukus kok jadi kebayang puding roti Gama hihihi. Btw aku kebayangnya kalo puasa emang enakan buka pake yang hangat kayak gini, deh. Aku pas ngeliat temenku buka pas es teh manis akunya yang berasa ngilu lidahnya. Si bolu nutrisati itu gampang yah dan heran deh bisa lembut tanpa baking powder atau soda atau apalah itu.

    • Hhhmmm, iya kayaknya Ndang, mirip puding roti cuma msh ada airnya gitu…. Ntar pas bikin lagi aku fotoin deh. N yes, aku juga ngilu kalo liat orang buka puasa minum es, secara aku sukanya buka dengan air putih hangat, lanjut teh panas.
      O ya, si bolu nutrisari emang lembut banget, kata ibuku nutrisari bisa diganti kopi instan…. Pengen coba juga kapan2

      • eeeh ide buagussss, Edi meski gak suka-suka amat ngopi tapi dia suka aroma kopi dan cake yang mernuansa kopi. Cobain dong Ka, hahahha biar tau takerannya *gak kebayang kalo musti trial dan error buatku deh hahah*

      • hahahaha kau ikutan juga ternyata makan kuker nya yaaa. Meski seminggu dimanja makanan bersantan dan bermentega kuker begitu, aku sekarang jadi pengen lagi. Nggak eneg-eneg juga Ka. Naik 4 kilo di Medan, eh baru di rumah 2 hari turun 1 kilo

      • eneg liatnya Ndang.. secara aku sama sekali bukan pemakan kuker ^_^… kemarin paling banter yang ku makan cuma biskuit khong guan doang, hahahaha
        Waaa… pulang seminggu naik 4kg?? Makan apa aja?? kalo aku jangan deh, hahahaha

      • LONTONG sayur, rendang, aduh semua masakan mertuaku uinuk banget, Ka. Dan semuanya dimakan pake nasi putih yang manis itu. Aku bisa tambah dua kali kalo makan di sana, dan meski makan di luar, sampe di rumah makan lagi. Dan kakak iparku yg datang dari Belanda bawa berplastik plastik coklat…dan aku ngabisin separohnya kayaknya, emang dibawa buatku yg gila coklat sih. Hihihi untung bb udah turun duluan. Kalo nggak, aku stress kali nambah segitu hihihi

      • Waduh waduh waduh, jadi pengen ikutan cicipin *dankemudianliriktimbangan
        tapi kau sepertinya model yang gampang naik dan gampang turun ya?? Bukan kayak aku yang gampang naik dan akhirnya betah banget sama aku ^_^
        Btw, si bolu pake kopi instan dah aku cobain, baunya si udah oke.. cuma kok rada bantet ya? mungkin efek karena di resep, mentega ma tepung kudu gantian masuk, nha ini aku masukin sendiri-sendiri, tapi pak suami bilang enak..walau rada kemanisan. Tadi aku pake white coffee luwak,

      • aku juga susah turunnya Ka, ini karena no asisten aja deh bisa balik gitu. Aseeek, aku coba deh weekend ini, pake nescafe yang ada. Nanti dilaporin. AKu ikutin plek plek resep deeh

      • udaaaah, gaka da nescafe ternyata, jadi pake kopi biasa yang item itu. Enaaaak hahahahaahah, habis dalam sekejap, apalagi Edi, fave bangeet. Thankies, Kaaaa

      • kopi item doang, Ka. Kerasa banget kopinya, aku ngerasa kayak makan kopi susu jaman dulu itu loh. Pokoke Edi dan krucils seneng banget makannya, aku bikin setengah resep doang, karena sambil bikin puding oreo mbak Tituk, ya sekali makan doang ituuu

      • gampaaaang ka dan enaaaaaak, pas panas panas dimakan dingin begitu yummo . Aku belum penrah nyoba es krim walls oreo sih ya, tapi pertama nyoba ini kan gak terlalu keras tuh pudingnya (ntah kenapa) tapi jadi kayak makan es krim

  2. Pas baca pertama kali ngebayangin pis kopyor itu kayak es kopyor, Ika. Salah yah?:) Tapi pas baca terakhir kok dikukus semuanya. Tetap aja hanya bisa ngiri klo ada resep lengkap kayak gini. Di sini gak ada kelapa muda soalnya 😦

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s