Apalah Arti Sebuah Nama??

Anak adalah nikmat Allah Swt. yang tak ternilai dan pemberian yang tak terhingga.Tidak ada yang lebih tahu besarnya karunia ini selain orang yang tidak atau belum memiliki anak. Nikmat yang agung ini merupakan amanahbagi kedua orang tuanya,yang kelak akan dimintai pertangung jawabannya,apakah keduanya telah menjaganya atau justru menyia-nyiakannya. Rasulullah SAW bersabda,”Setiap kalian adalah pemimpin , dan setiap kalian akan ditanya tentang kepemimpinannya. Seorang imam adalah pemimpin dan dia akan ditanya tentang kepemimpinannya,dan seorang laki-laki adalah pemimpin dalam keluarganyadan dia akan ditanya akan kepemimpinannya.

Salah satu yang harus dilakukan pada anak adalah memberikan nama yang baik. Ini merupakan  awal dari sebuah upaya pendidikan terhadap anak. Ada yang mengatakan “Apa arti sebuah nama”. Ungkapan ini tidak selamanya benar, Islam mengajarkan bahwa nama bagi seorang anak adalah doa. Dengan pemberian nama yang baik, diharapkan anak kita berperilaku baik sesuai dengan namanya. Adapun setelah kita memberi nama yang baik, dan telah mendidiknya dengan baik pula,namun anak kita tidak sesuai dengan yang kita inginkan,maka kita kembalikan dengan Allah Swt. Nama yang baik dengan akhlak yang baik, itulah yang kita harapkan.

Kalo say amah termasuk yang percaya bahwa nama adalah doa, bukan yang sekedarnya… kasih nama buat anak ya jadi semacam salah satu pertanggungjawaban kita akan amanah Allah.. kita pengen bahwa amanah yang Allah titipkan, yang Allah percayakan ke kita itu bisa kita kembalikan kelak dengan sebaik-baiknya, sekuat tenaga semampu yang kita sebagai orang tuanya bisa  lakukan.

Anak pertama: Muhammad Dzaky Aslam… ini cari namanya sudah dimulai dari sejak tahu kalo hamil… karena waktu itu gak pengen tau jenis kelamin bayi ya kita siapkan 2 nama. Nama perempuan dah ready jauh-jauh hari.. lha nama Dzaky ini ya yang fix hanya di Dzaky… pusing mau cari tambahannya… sampe pas mau lahir, baru kita sepakat ditambah Muhammad di depan dan pengen ada satu nama lagi di belakang… ini pun juga akhirnya ‘harus’ kita jadikan karena kitapunya prinsip nama itu release di hari ke-7 kelahirannya… akhirnya kita sepakati nama Muhammad Dzaky Aslam, seorang yang terpuji, cerdas dan insyaAllah selamat di dunia-akhirat.

Anak kedua: Muhammad Rafi Hikaru Rahman, ini mah nama yang dah fix sejak hamil 5 bulan, karena kita memang pengen tahun jenis kelamin dia dan pas kebeneran di USG, Nampak deh monasnya ^_^, karena saya hamil pas di Jepang, pengen punya nama yang rada ada nuansa Jepang tapi yang familiar di Indonesia. Nah sama adik saya dikasih beberapa pilihan dan kita pilih Hikaru yang setara dengan Nur dalam bahasa Arab yang berarti cahaya… Hikaru Rahman setara sama Nur Rahman… so nama Rafi ini berarti seseorang yang terpuji, tinggi derajatnya, dan sifatnya yang penyayang….

Anak ketiga: Aisara Lakshita Putri.. nama ini inti artinya adalah Putri yang Kaya Hati, seorang wanita yang jembar atine kalo kata orang jawa.

Anak keempat: Aila Safiya Maritza Putri, seorang putri yang mendapat berkah Ilahi dan cintaNya yang murni….

Dan kalo diperhatikan, keempat anak ini berkembang sesuai harapan atau nama mereka, wallahu a’lam.. dan bagi para orang tua, sepertinya kasih nama pun juga lebih mantap ketika si anak sudah lahir ya?? Gak tau kenapa, tapi ketika kita pilih beberapa nama dan pas lihat si baby lahir, langsung.. oooo, nama-nama kemarin sepertinya yang cocok yang ini…

So, mari kita jaga amanah yang diberikan pada kita dengan sekuat tenaga kita, agar pada saatnya bisa dengan  bangga kita kembalikan juga pada penitipNya… amien!!!

Iklan

15 thoughts on “Apalah Arti Sebuah Nama??

  1. Aku juga selalu nyiapin 2 nama untuk ce dan co. Nama anakku panjang2, kata Abinya yg kata depan nama, 2 kata berikutnya doanya. Hihi ada ada saja. Tapi, klo anak cowok ya jadi 4 kata, krn ada default ‘Muhammad’. 😀

  2. Panggulan Aila diambil dari nama pertama dan Shita dari nama kedua ya, Ka. Macam Ephraim sama Gaoqi juga ihihi *sok nyamain*. Bener deh soal arti itu, kami naksiiir beut sama nama Gisella/Giselle. Tapi waktu liat artinya gak sreg, *lupa juga apa artinya sekarang* dan langsung gak mikir apa-apa coret deh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s