Resep Lumpia Isi Tahu Telur

Hehe, dari kemarin kok posting resep melulu ya??

Ini another makanan favorit keluarga.. Lumpia ala ibu saya.. yang ternyata memang bikinnya gampang banget… dan rasanya hhmmm… enak kata suami (which is brati sangat oke, karena beliau pelit pujian untuk urusan rasa makanan, hehehe)

Ini versi kulit lumpia kalo pas sempet bikin sendiri.. (sekarang mah seringnya beli jadi aja, jadi tinggal bikin isinya….

Bahan kulit:

400 gr tepung terigu
300 ml air
garam secukupnya
1 butir telur ayam yang telah dikocok
minyak goring secukupnya

Cara Membuatnya:

Campurkan tepung,air, garam, dan telur, setelah itu masukkan minyak goreng, aduk hingga rata dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Kalo saya memang pakenya ilmu kira-kira… kalo keliatan kurang licin ya tak tambah minyak gorengnya…
Sediakan pan berbentuk bulat/kotak, kemudian panaskan dengan api kecil, kasih minyak sedikit, dan masukkan satu sendok sayur adonan kulit lumpia hingga adonan menyebar keseluruh pan, diamkan hingga bisa dilepas.. lanjutkan sampai adonan habis

Untuk isinya..

Bahan:

10 butir tahu putih besar

¼ kg taoge pendek

¼ kg wortel

1butir sedang bawang Bombay

5 siung bawang putih

½ sdt merica butir

Garam secukupnya

25 butir Telur puyuh  (ini karena nanti aku masukkannya setengah saja)

Gula jawa

Kecap

Gula pasir secukupnya

Cara membuat:

–          Telur puyuh direbus sendiri dulu, dengan dikasih garam dikit, gula merah ½ ons + kecap 1 sdm.. rebus dengan api kecil sampe air habis

–          Haluskan merica, bawang putih, dan garam, sisihkan

–          Potong dadu tahu putih, sisihkan

–          Wortel dipotong tipis memanjang , sisihkan

–          Siapkan wajan dengan diberi sedikit minyak, tumis bumbu, masukkan wortel, tahu, dan terakhir taoge. Kasih air dikit, tambahkan gula pasir dan kecap sesuai selera

–          Tunggu sampai air habis sambil diaduk-aduk, setelah matang, tunggu agak dingin

Lalu kita siapkan kulit, isi dan telur puyuh.. jangan lupa siapkan sedikit tepung yang ditambah sedikit air yang nanti akan dipakai sebagai perekat kulit.

Taruh kulit lumpia di tempat datar (kalo aku pake talenan biasanya), masukkan isi sekitar 1 sdm isi, sekalian ½ butir telur puyuh, lipat menjadi bentuk lumpia (halah, susah ni neranginnya, hehehehe).

Lakukan sampai habis.. kalo isi sisa biasanya aku simpan di kulkas tuk sewaktu-waktu dibikin lagi atau jadi isian bakwan.

Goreng dengan minyak panas dan api sedang…

Nikmat disajikan panas dengan cabe rawit/saos tomat…

Imagesayang gambarnya gak jelas ya.. pake HP soalnya

Btw, mungkin sekedar sharing.. ternyata tuk meniriskan minyak dari lumpia yang harus digoreng adalah dengan cara didirikan di atas tisu biar minyaknya pada turun… hihihih, belum lama ni tahunya…

Iklan

17 thoughts on “Resep Lumpia Isi Tahu Telur

  1. eh .. setelah komentarku kukirim muncul semua mbak tulisannya 🙂

    aku baisa pakai kulit lumpia mbak, kalau resep kulit di atas itu ribet nggak ya mbak pas membuatnya ?

    nih baca judulnya sj perutku langsung lapar mbak, sdh lumpia isi tahu lagi 😀

  2. Ikaa rajin amat bikin kulit lumpia sendiri. Akuh beli hahaha. Aku juga suka bikin beginian, eh tapi isinya gak pake toge dan wortel deng. Cuma tahu sama telur dan daging giling. Kurang sehat yeeee

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s